Pilihan Cara Termudah Membuka Website Yang Diblokir

December 2, 2020 By Bambang

Ada cukup banyak cara membuka website yang diblokir. Untuk membuka website yang diblokir ini umumnya dengan menggunakan aplikasi tertentu. VPN adalah salah satu aplikasi yang sering sekali dipilih. Namun ternyata ada cara yang lebih mudah lagi.

Nah, dalam kesempatan kali ini, akan coba diulas beberapa cara paling mudah yang bisa dipilih. Atau dengan kata lain, tanpa menggunakan aplikasi tertentu, website yang diblokir pun tetap bisa Anda akses.

Anda pastinya paham betul jika ada beberapa website karena alasan tertentu tidak bisa di akses. Atau istilah lainnya website tersebut diblokir. Meskipun demikian, ternyata tetap ada cara tertentu untuk membukanya. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana cara buka website yang diblokir?

Membuka Website Diblokir Dengan Situs Proxy

Proxy sendiri pada dasarnya merupakan sistem yang memungkinkan para penggunanya dapat mengakses jaringan internet dengan IP yang berbeda dengan yang diterima perangkat.

Dengan Proxy ini, Anda dimungkinkan untuk mengatur internet mengarah ke server independen. Maka dari itu, alamat IP pun bisa disembunyikan. Itulah kenapa Anda bisa mengakses website yang diblokir.

Jika memang semenarik itu, lalu bagaimana cara menggunakan Proxy ini? Pertama-tama Anda buka dulu situs resmi dari Proxy. Setelah terbuka, Anda tinggal memilih server Proxy. Setelah itu masukkan alamat website yang ingin dibuka blokirannya.

Tunggu prosesnya sampai website yang ingin Anda akses terbuka sepenuhnya. Tenang saja, tidak butuh waktu lama. Sekarang website yang sebelumnya terblokir sudah bisa Anda akses.

Bagaimana, sangat mudah kan langkahnya. Tetapi tunggu dulu. Sebab ada opsi lain lagi yang bisa Anda pilih. Bahkan opsi selanjutnya ini bisa dibilang lebih mudah. Saking mudahnya, lebih mudah dibanding mencari layanan Hosting Murah sekalipun.

Membuka Website Diblokir dengan Server DNS

DNS sendiri merupakan singkatan dari Domain Name System. Fungsi DNS adalah mengubah IP address menjadi Domain address. Dan ternyata untuk membuka website yang diblokir bisa dilakukan dengan memanfaatkan server DNS ini.

Dan yang paling penting adalah langkahnya bisa dikatakan mudah dan simpel. Sehingga untuk Anda yang belum memiliki pengalaman sama sekali pun bisa melakukannya. Asalkan mau memperhatikan lalu mempraktikkan langkah-langkahnya.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan cara membuka website yang diblokir ini, seperti ini langkah-langkahnya:

  1. Buka Control Panel pada PC maupun Laptop. Setelah ketemu menu Control Panel, klik lalu cari opsi Network and Internet. Setelah ketemu buka opsi tersebut.
  2. Setelah membukanya, lanjutkan dengan mencari opsi Network and Sharing Center lalu buka opsi tersebut. Setelah itu lanjutkan dengan membuka opsi Change adapter setting. Opsi ini seringnya berada di sebelah kiri.
  3. Pada koneksi internet yang Anda gunakan, klik kanan lalu pilih opsi Properties. Selanjutnya pilih opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4) lalu klik Properties yang berada di bawahnya.
  4. Akhiri langkah ini dengan mengaktifkan DNS. Caranya adalah pilih opsi Use the following DNS server addresses. Setelah itu pada Preferred DNS server isi 1.1.1.1. Kemudian pada Alternate DNS server isi 1.0.0.1 lalu klik Enter atau OK.

Memang bisa dikatakan langkahnya cukup panjang. Namun opsi ini tidak membutuhkan bantuan aplikasi lain untuk membuka situs yang diblokir. Selain itu, cara ini pun sudah terbukti keberhasilannya.

Membuka Website Diblokir dengan Add-On

Untuk Anda yang tertarik dengan opsi ketiga ini, ada satu hal yang harus diingat. Cara ini hanya bisa digunakan pada browser Google Chrome dan Mozilla Firefox saja. Dan yang perlu diperhatikan lagi adalah opsi ketiga ini sebenarnya menggunakan VPN.

Hanya saja Anda tidak perlu menginstal VPN pada Laptop maupun PC Anda. Artinya dari segi kepraktisannya pun masih sangat praktis. Jika memang seperti ini, lalu seperti apa langkah konkritnya?

  1. Pengguna Google Chrome

Untuk Anda yang menggunakan Google Chrome, langsung saja buka laman Chrome Web Store>Browser VPN –Free and Unlimited VPN> klik Add to Chrome>Add Extension. Setelah itu pilih server VPN yang Anda inginkan.

  1. Pengguna Mozilla Firefox

Untuk para pengguna browser Mozilla Firefox, langsung saja kunjungi laman Firefox Add-on >Anonymox> Add to Firefox. Setelah itu pilih server VPN yang Anda inginkan.

Jadi seperti itulah beberapa opsi yang bisa dipilih untuk membuka situs web yang diblokir. Dan semoga ulasan singkat tentang cara membuka website yang diblokir ini bisa sedikit membantu Anda semua.