Makanan Untuk Bayi 6 Bulan Supaya Tidak Sembelit

November 11, 2020 By Bambang

Jika ibu saat ini merasa resah sebab si kecil mengalami sembelit ini solusinya. Perlu diketahui bahwa sembelit sebenarnya sangat jarang dialami oleh bayi apalagi bagi bayi yang diberi ASI. ASI mempunyai kandungan khusus yang dapat dengan mudah untuk dicerna dengan baik untuk usus bayi.

Tetapi ada banyak faktor lain yang bisa membuat bayi mengalami sembelit termasuk gerakan tubuhnya yang kurang aktif dan ibu yang mulai memberinya makanan pendamping ASI yang pertama. Walaupun ada beberapa obat yang bisa atasi bayi sembelit tetapi tidak dapat atasi masalah ini dengan alami. Di bawah ini ada daftar makanan bayi 6 bulan agar tidak sembelit yang perlu ibu ketahui sebagai berikut:

  1.       ASI

Pixabay.com

ASI adalah makanan yang berasal dari tubuh ibu yang bagus bagi pertumbuhan bayi. ASI bukan hanya bisa mendukung kesehatan dan energi tubuh bayi tetapi juga dapat membantu bayi supaya tidak terserang sembelit. ASI memiliki kandungan sebuah protein yang khusus yang dapat bekerja dengan mudah di saluran pencernaan bayi. Lalu bayi ibu akan tidak mengalami masalah sembelit sebab mekanisme bahan alami dari ASI yang ada pada ususnya. Umumnya bayi akan menerima ASI dengan khusus tau hanya sedikit menerima makanan tambahan akan sangat jarang mengalami masalah sembelit.

  1.       Apel

Apel merupakan salah satu buah yang bagus untuk mencegah sembelit pada bayi karena didalamnya mengandung banyak serat. Apel dapat ibu berikan dalam bentuk bubur bayi agar apel yang telah dihancurkan dapat diterima dengan mudah oleh usus bayi. Selain dapat membantu proses pencernaan bayi buah apel juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi bisa membantu tubuh bayi supaya tidak mudah terserang sakit. Ibu dapat memilih banyak jenis apel termasuk apel hijau dan apel merah. Tetapi perlu diingat bahwa memberinya jangan berlebihan sebab di dalam apel ada kandungan rasa asam yang membuat perutnya menjadi kembung.

  1.       Sereal dan pisang

Makanan bayi 6 bulan agar tidak sembelit selanjutnya ada sereal dan pisang. Ibu perlu mengenalkan bayi dengan makanan semi padat supaya bayi dapat mencoba sereal dan juga pisang. Sereal yang berasa dari biji gandum murni memiliki kandungan serat yang banyak. Selain itu sereal juga memiliki kandungan banyak vitamin B yang tentu bagus bagi pertumbuhan jaringan dan otot tubuh bayi. Tetapi ketika ibu akan memberi bayi sereal yang berbentuk murni maka kemungkinan besar bayi akan tidak menyukai rasanya. Untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya ibu mencampurnya dengan buah pisang yang telah dihaluskan. Pisang sendiri memiliki kandungan vitamin C serta kalium yang bagus bagi kesehatan bayi serta bisa menjaga kesehatan jantung bayi.

  1.       Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran memiliki warna yang cerah dengan kandungan serat tinggi. Wortel kerap menjadi makanan kesukaan ibu untuk bayinya karena warnanya yang bisa membuat menarik bayi. Tidak ada efek apapun saat bayi sering memakan wortel. Kandungan pada wortel yang sangat menguntungkan adalah beta karoten yang dapat membuat mata bayi menjadi lebih cerah dan juga sehat. Wortel juga memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang bisa bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Kamu dapat mengolah wortel dengan mencampurnya dengan bubur bayi organik buatan kamu, rasa manis pada wortel tentu akan disukai bayi.

  1.       Kacang polong

Kacang polong akan sangat bagus bila diberi kepada bayi yang kerap alami masalah sembelit. Bila kamu tidak ingin masalah sembelit ini terulang kembali maka sebaiknya beri si kecil kacang polong. Tetapi ibu perlu memperhatikan jika mungkin bayi ibu juga mengalami alergi kacang polong. Ibu bisa membuat bubur bayi dengan mencampurnya dengan kacang polong serta sayuran atau buah lain misalnya wortel atau brokoli. Kacang polong memiliki banyak nutrisi termasuk magnesium serta kalium yang dapat membantu menjaga tumbuh kembang tubuh bayi.

  1.       Buah pir

Pixabay.com

Buah satu ini termasuk ke jenis buah yang membantu atasi bayi sembelit. Pir sangat bagus bagi bayi sebab selain ada kandungan serat yang tinggi nyatanya buah pir juga memiliki rasa manis dan asam dapat membantu bayi untuk mulai menyukai buah-buahan. Ibu dapat menghancurkan buah pir sampai lembut sehingga bayi dapat memakannya dengan mudah. Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan memberi si kecil buah pir sebab jika berlebihan akan membuat bayi mengalami diare.

  1.       Brokoli

Memang sudah tidak asing lagi bahwa brokoli merupakan sayuran yang dapat membentuk gas di dalam perut. Oleh sebab itu ada banyak ibu yang tidak berani memberi makanan brokoli ini kepada bayinya. Namun brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat membuat bayi menjadi lebih sehat. Brokoli memiliki kandungan antioksidan termasuk glukosinates, sulfur, magnesium serta seng. Nutrisi tersebut akan sangat penting agar dapat mendorong polo tumbuh bayi. Supaya bisa membuat bayi menjadi suka dengan rasa sayuran berwarna hijau satu ini maka ibu dapat mencampurnya dengan bubur tepung beras merah atau bubur sereal khusus bayi. Dengan rasa bubur tersebut akan membuat bayi mau makan brokoli yang menyehatkan.